What is Insecurity?

Pernah nggak sih sebelum pergi keluar rumah mematut diri di cermin terus-terusan dan berpikir “Ini bagus nggak ya hijabnya? Oke nggak ya sama baju yang aku pakai?” atau sebelum ngepost di Instagram berpikir “Bakal banyak yang likes nggak ya? Bakal ada orang yang komentar nggak ya? Gimana kalau orang-orang jadi ngomongin aku”. Hayo, siapa yang sering berpikir kaya gitu? Perasaan-perasaan kaya gitu bisa disebut dengan insecurity yang secara harfiah artinya perasaan tidak aman.


American Physiological Association bilang kalau insecurity itu bentuknya beragam. Namun secara keseluruhan adalah perasaan tidak yakin atau kekhawatiran terhadap segala hal yang kita miliki baik yang terlihat maupun tidak terlihat. Nah sebenernya, insecurity itu cuma ada di kepala kita lho. Kenapa begitu? Karena insecurity yang kita rasakan nggak bisa orang lain rasakan dan juga nggak berasal dari orang lain. Dengan merasa insecure, sebetulnya kita sudah suudzon loh sama diri sendiri. Karena kita menilai kalau diri kita buruk. Padahal, belum tentu orang lain berpikir demikian. Kalau terus menerus merasa insecure, kualitas hidup kita akan terganggu lho, Lozyhood.


Minzy mau share beberapa dampak yang bisa muncul apabila kita terus menerus merasa insecure sebagaimana yang ditulis Tamara Anastasia di laman Klik Dokter. 

1. Depresi

Semakin merasa insecure, maka semakin tinggi juga rasa cemas yang kita rasakan. Nah rasa cemas yang berlebihan ini bisa berdampak pada psikis seseorang dan menyebabkan depresi. Karena  rasa cemas ini bisa membuat seseorang menjadi diri yang tertutup, murung, mudah stress, mudah gelisah dan selalu menganggap rendah diri sendiri.

2. Aktivitas sehari-hari jadi terganggu

Ketika pikiran negatif menguasai pikiran kita, kita akan jadi susah fokus dalam belajar maupun bekerja. Seseorang juga akan tidak bersemangat dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Selain itu, kemampuan bersosialisasi pun akan berkurang karena merasa takut dan tidak percaya diri membangun relasi dengan orang lain.

3. Mudah menganggap diri tidak berharga

Saat seseorang merasa dirinya tidak berharga, secara langsung keinginan untuk bersosialisasi pun menjadi hilang karena takut terhadap apa yang orang lain pikirkan. Selain itu, orang yang menganggp dirinya tidak berharga cenderung suka menyendiri dan mengisolasi diri dari dunia luar. 

Nah, itu sedikit dampak yang akan terjadi kalau kita terus menerus merasa insecure. Tentunya kita selalu ingin untuk bisa hidup sehat baik secara lahir maupun batin. Maka dari itu, yuk mulai sekarang belajar untuk tidak merasa insecure dan tidak terlalu memikirkan apa yang orang lain bilang tentang kita karena itu belum tentu benar. 

Life is short, insecure is such a waste of time!